Laptop Tiba-tiba Mati Secara Misterius? Mungkin Overheating. Ini Solusinya

Panik, ketika laptop tiba-tiba mati. Bukan tanpa sebab, ada banyak faktor sehingga laptop bisa saja mati secara misterius apalagi tepat jam 12 malam. Iya… tidak ada hubungannya. Hahaha… tidak peduli itu jam berapa, salah satu alasan paling masuk akal adalah laptopmu sedang overheating. Overheating adalah situasi dimana laptop mengalami panas berlebih yang membuat sistem melakukan auto shutdown. Ada beberapa alasan mengapa laptop bisa overheating. Namun tidak perlu khawatir karena solusi untuk laptop yang tiba-tiba mati karena overheating ini sangat sederhana.

Berikut langkah-langkah untuk mengatasi laptop yang tiba-tiba modar karena overheating.

  1. Masuk ke control panel. Klik power optionmore-power-opt
  2. Klik Change plan setting pada power plan yang sedang terpilihchange-power-plan
  3. Klik change advanced power settings
  4. Pilih processor power management
  5. Maximum power state ubah menjadi 50% – 80% (dalam kasus ini saya ubah menjadi 80%)processor-state
  6. Apply / Ok

Dengan cara tersebut maka overheating dapat dicegah sehinggal laptopmu tidak lagi tiba-tiba mati. Karena kemampuan processor dibatasi sampai 80% saja. Tapi tenang, 80% processor state tidak akan begitu mempengaruhi kinerja laptop kamu. Jadi kamu tetap bisa main DOTA 2 dengan FPS 60. Tak tak tak dung cessssss.

Semoga solusi untuk laptop yang mati tiba-tiba karena overheating ini bisa sangat membantu kamu yang sering berubah jadi super saiya saat kerja ataupun ngegame.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *